Seputar Politik

Penjelasan Politik Secara Singkat

Berita Terbaru – Dalam suatu negara tentunya terdapat pemerintahan dan interaksi antar manusia. Agar proses pemerintahan dan pergaulan antar masyarakatnya berjalan tertib, maka dibentuk suatu aturan atau lembaga yang disebut sebagai lembaga politik. Menurut buku Kamus Sosiologi, institusi politik yaitu institusi sosial yang bertujuan khusus pada pelaksanaan kekuasaan dan kewenangan dalam kaitannya dengan kehidupan politik.

Lembaga politik ini tugasnya tidak hanya mengatur hubungan antara kekuasaan dan otoritas di masyarakat saja. Aturan mengenai penerapan hukuman fisik atau paksaan untuk mencapai kepentingan bersama juga menjadi tugas sebuah Lembaga politik. Ada dua aspek penting untuk memahami institusi politik. Pertama, institusi politik memiliki kewenangan untuk menggunakan kekuatan fisik. Kedua, institusi politik mampu memenuhi kebutuhannya sendiri.

Definisi Politik Secara Singkat

Jika diartikan dalam bahasa yang lebih sederhana Politik adalah metode atau teknik untuk mempengaruhi warga sipil atau individu. Atau biasa disebut politik lain, itu juga merupakan tingkatan dalam suatu kelompok atau individu yang berbicara tentang hal-hal yang biasanya terjadi di masyarakat atau negara.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa pengertian politik adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan kebijakan dalam tatanan negara yang dapat mewujudkan tujuan negara. sehingga dapat membangun dan membentuk suatu negara sesuai dengan kaidah dan norma yang berlaku sehingga terciptanya kebahagiaan atau perdamaian dengan masyarakat di suatu negara lebih mudah tercapai. Berbicara tentang politik sangat erat kaitannya dengan negara, kekuasaan, pengambilan keputusan, kebijakan umum, hingga distribusi kekayaan.

Karakteristik institusi politik

Dilansir dari buku Pengantar Singkat Sosiologi Memahami Fakta dan Gejala Masalah Sosial (2020) karya Elly M. Setiadi dijelaskan bahwa terdapat tiga ciri lembaga politik, yaitu Adanya komunitas manusia yang bersatu secara sosial ( hidup bersama) atas dasar nilai-nilai yang telah disepakati bersama. Ada perkumpulan politik atau bisa disebut pemerintahan aktif. Asosiasi menjalankan fungsi untuk kepentingan umum. Selain itu, perkumpulan ini juga diberikan kewenangan yang luas (lingkup kewenangan hanya di wilayah tertentu).

Fungsi institusi politik

Menjaga ketertiban dalam lembaga politik punya fungsi memelihara ketertiban dalam masyarakat dengan kewenangan yang ada. Baik itu menggunakan cara persuasif maupun menggunakan paksaan fisik. Menjaga keamanan dari luar Lembaga politik melalui sarana yang dimilikinya berfungsi untuk mempertahankan negara dan masyarakat dari serangan pihak luar. Pertahanan bisa dilakukan dengan cara diplomasi atau perang.

Penyelenggara kesejahteraan umum Lembaga politik mempunyai fungsi untuk membuat rencana dan malakukan pelayanan sosial dasar. Selain itu mereka jugagarus memenuhi kebutuhan dasar masyarakat seperti pangan, sandang, papan, pendidikan, dan masih banyak yang lainnya. Distribusi kebutuhan dasar ini juga menjadi tugas institusi politik.

Selain fungsi utamanya, institusi politik juga memiliki fungsi yang tersembunyi. Fungsi tersembunyi dari institusi politik adalah sebagai saluran mobilitas sosial. Lembaga politik dipandang sebagai saluran mobilitas sosial karena mengandung struktur kekuasaan. Struktur kekuasaan ini akan mengakibatkan ] seseorang bisa naik atau turun dari satu lapisan ke lapisan lainnya.

Beberapa Jenis Sistem Politik

Selanjutnya adalah macam-macam ilmu politik atau pembagian ilmu politik, tentunya banyak sistem politik yang berkembang di negara-negara di dunia, berikut beberapa contohnya:

  • Sistem Politik Otoriter
  • Sistem Politik Demokrasi
  • Sistem Politik Sosialisme
  • Sistem Politik Federalis
  • Sistem Politik Kapitalis
  • Sistem Politik Liberalisasi
  • Sistem Politik Nasionalisme